Rabu, 06 Juni 2012

Ringkasan Sinopsis: The Moon That Embrace The Sun ( episode 1 - 20 )



Heo Yeon woo adalah seorang gadis berusia 13 tahun yang periang dan cerdas. Ia putri seorang bangsawan, Sarjana Heo. Saat masih di dalam kandungan, ibunya menyelamatkan seorang paranormal wanita bernama Ah Ri dari kejaran orang-orang jahat yang ingin membunuhnya. Paranormal itu merasa berhutang budi dan bersumpah akan menjaga dan melindungi Yeon woo meski dari dalam kuburnya. Ia bisa melihat bahwa di kemudian hari suatu anugrah besar akan diterima Yeon woo namun di saat yang sama sesuatu yang buruk akan menimpanya. Tetapi pada akhirnya paranormal itu tidak terselamatkan, ia dihukum mati, namun sebelum ia meninggal, Ah Ri sempat berpesan pada sahabatnya, Jang Nok yeong, kelak ia harus melindungi seorang gadis demi dirinya.

Heo Yeon woo ( 13 tahun )

Pangeran Lee Hwon
Ia seorang putra mahkota, usianya 15 tahun. Ia seorang pangeran yang agak manja dan suka melanggar perintah. Seperti di saat acara pengukuhan bagi para siswa terbaik dari Akademi Sungkyunkwan di istana, bukannya menghadiri, ia malah berusaha menyelinap keluar istana. Di saat itulah ia bertemu seorang gadis manis yang begitu cerdas, Yeon woo. Semula Yeon woo mengira pemuda itu adalah seorang pencuri, ia bahkan berteriak memanggil pengawal istana. Tetapi Putra Mahkota berhasil meyakinkan bahwa dirinya bukan seperti yang dipikirkan Yeon woo.  Dalam waktu singkat, Putra Mahkota yang baru berusia 15 tahun itu terkesan pada kecerdasan Yeon woo dan jatuh cinta padanya. Yeon woo sama sekali tidak menyangka bahwa pemuda yang ditemuinya itu adalah Putra Mahkota. Putra Mahkota juga tidak mengatakan siapa dirinya yang sesungguhnya. Ia hanya menulis sebuah surat dan berharap Yeon woo dapat memecahkan teka-teki yang terkandung dalam isi suratnya. Yeon woo sangat cerdas dan dengan mudah ia dapat memecahkan teka-teki tersebut. Gadis itu sangat syok mengetahui siapa identitas pemuda yang memanjat pagar istana itu.

Lee Hwon ( 15 tahun )

Yang Myeong gun
Putra pertama dari Raja yang dilahirkan dari selir istana. Ia pemuda yang selalu ceria meski harus menjalani hidup di luar istanadan tidak pernah mendapatkan kasih sayang dari ayahnya sendiri, sang Raja. Namun antara Putra Mahkota dan Pangeran Yang Myeong ada ikatan batin yang sangat kuat. Keduanya saling menyayangi satu sama lain dan rela berkorban demi yang lain. Sejak masih remaja Pangeran Yang Myeong sangat mencintai Yeon woo. Tetapi kelihatannya Yeon woo tidak memiliki perasaan yang sama karena sejak awal ia hanya mencintai Putra Mahkota. Sebagai Putra yang dilahirkan dari selir istana bahkan P. Yang Myeong tidak diperkenankan berpartisipasi di lingkungan istana, apalagi sampai menduduki suatu jabatan tertentu. Namun P.Yang Myeong dapat menerima semua dengan ikhlas karena ia sangat meyayangi ayah dan adik tirinya dan juga karena pengaruh baik dari ibunya yang selalu menanamkan sikap untuk selalu menghormati baginda raja dan melindungi Putra Mahkota

Yang Myeong gun ( 17 tahun )


Heo Yeom
Kakak laki-laki Yeon woo, pemuda yang sangat cerdas dan bersinar. Ia masuk ke istana dan diangkat menjadi guru Putra Mahkota. Awalnya Putra Mahkota menolaknya dengan alasan usianya yang masih sangat muda tetapi setelah melihat kecerdasan dan kepiawaian Heo Yeom, Putra Mahkota justru berbalik menjadi sangat menghargai dan menyayanginya. Dan kenyataan bahwa Heo Yeom adalah kakak Yeon woo membuatnya semakin menghormati pemuda itu. Bukan hanya otaknya yang cerdas, Yeom juga memiliki kepribadian yang sangat baik dan penyayang. Dan ini membuat Putri jatuh cinta padanya.

Heo Yeom ( 17 tahun )

Kim Je woon
Kim Je woon, Heo Yeom dan Yang Myeong gun adalah tiga bersahabat. Mereka bertiga pemuda-pemuda yang luar biasa dan memiliki karater yang berbeda satu sama lain. Pangeran Yang Myeong yang ceria, Yeom yang hangat dan lembut dan Woon yang sangat kalem dan jarang berbicara tetapi sangat tangguh. Di kemudian hari Woon menjadi pengawal pribadi Putra Mahkota yang kelak menjadi raja.

Kim Je woon, Yang Myeong gun, Heo Yeom

Yoon Bo Kyeong
Seperti yang pernah diramalkan paranormal istana, Joseon memiliki dua matahari dan dua bulan. Kedua matahari adalah Putra Mahkota dan Pangeran Yang Myeong dan dua bulan adalah Yeon woo dan Bo Kyeong. Ia putri Perdana Menteri dari klan yang sama dengan Ibu Suri. Mewakili klan mereka, Ibu Suri dan Menteri Yoon sangat berambisi memegang kendali kekuasaan dan mereka menggunakan Bo Kyeong sebagai alat. Kelak Bo Kyeong akan menjadi Permaisuri dan Ratu Joseon namun hidupnya sangat menderita karena Raja tidak mencintainya dan mengabaikannya, dan hidupnya berakhir dengan sangat mengenaskan. Perempuan yang malang, sebenarnya ia bukan wanita jahat ( seperti Janh Ok Jung: Dong Yi ) ia hanya mencintai Putra Mahkota sejak masih kanak-kanak, tetapi karena ambisi klan-nya, ia menjadi korban dan kehidupannya sangat menderita.

Yoon Bo Kyeong






Alur Cerita

Akhirnya Yeon woo terpilih menjadi Putri Mahkota berkat kecerdasannya, Putra Mahkota sangat bahagia karena berhasil memiliki gadis yang sangat dicintainya. Persiapan untuk pesta pernikahan pun dilaksanakan dengan sempurna. Sementara di pihak Ibu Suri dan Menteri Yoon, mereka tidak mau menerima kegagalan dan kenyataan bahwa Bo Kyeong gagal menempati posisi sebagai calon permaisuri. Mereka menggunakan cara yang sangat licik, melakukan pembunuhan tanpa meninggalkan jejak dengan menggunakan kemampuan paranornal. Dukun istana yang dipilih untuk melakukannya adalah Jang Nok Yeong,  sahabat dukun Ah Ri yang pernah memintanya untuk melindungi Yeon woo. Tetapi ia tak berdaya dibawah tekanan Ibu Suri dan Menteri Yoon. Dengan kemampuan ilmu sihirnya ia berhasil membuat Yeon woo 'meninggal' tetapi kemudian ia 'menghidupkannya' kembali dan membawa gadis itu pergi jauh dari Joseon. Saat bangkit dari 'kematian'-nya Yeon woo kehilangan memori-nya. Hanya seorang gadis pelayan, Seol, dan peramal kecil Chan Shil yang selalu menemaninya. Akan halnya Putra Mahkota, ia sangat terpukul dan bersedih atas kematian Yeon woo. Bahkan Pangeran Yang Myeong pun menyalahkannya karena tidak mampu melindungi Yeon woo. Di hadapan Putra Mahkota, P Yang Myeong bersumpah di kehidupan yang akan datang ia akan menjadikan Yeon woo sebagai miliknya dan akan melindunginya. Dalam hati-pun Putra Mahkota melakukan hal yang sama.

Jang Nok Yeong

Delapan Tahun Kemudian

Putra Mahkota sudah diangkat menjadi Raja, Bo Kyeong menjadi permaisuri dan kehidupan di istana berjalan begitu dingin dan aneh. Raja masih belum memperoleh keturunan, ia tak pernah bersikap baik pada permaisuri dan menteri-menterinya. Ia menjadi raja yang sangat perfeksionis dan tidak mengijinkan adanya kesalahan sedikitpun dalam menjalankan pemerintahan. Ia akan mudah mengamuk jika mendapati ada penyelewengan dalam urusan kenegaraan. Ibu Suri dan Ratu sangat prihatin dengan keadaan tersebut, apalagi rumor di dalam Istana yang mengatakan bahwa Raja tidak menyukai perempuan tetapi menyukai sesama jenis. Ditunjukkan dengan kebiasaannya di malam hari ia lebih senang ditemani Woon, pengawal pribadinya daripada permaisuri.

Menteri Yoon dan Ibu Suri menyarankan Raja untuk beristirahat di suatu tempat untuk mengembalikan kesehatannya, tentu saja Raja menolak tetapi akhirnya ia menuruti kemauan neneknya. Dan di tempat peristirahatannya itulah tanpa sengaja ia bertemu seorang wanita muda yang sangat mirip dengan Yeon woo. Ia seorang dukun yang tidak memiliki nama dan menolong dirinya saat tersesat di hutan pada malam hari. Sebagai bentuk rasa terimakasihnya, Raja memberikan hadiah nama bagi wanita itu. Wol ( Bulan ) demikian Raja menamai peramal wanita itu. Wol tidak lain adalah Yeon woo yang sudah tumbuh menjadi wanita cantik tetapi ia telah kehilangan semua memori masa kecilnya.

Setelah kembali dari tempat peristirahatan, keadaana Raja bukannya semakin membaik malah semakin buruk. Ia selalu dihantui mimpi-mimpi buruk masa lalunya. Meskipun ia tetap berhasil menjalankan pemerintahan dengan sangat baik namun Ibu Suri sangat khawatir karena Raja masih belum juga memiliki keturunan. Otomatis ini sangat mengganggu kelangsungan kekuasaan meresa, apalagi di luar istana sudah ada gerakan-gerakan kecil yang mulai mempertanyakan kapabilitas Raja untuk memiliki keturunan. Beberapa tokoh berusaha mendatangi pangeran Yang Myeong, tetapi ia sama sekali tidak tertarik dengan urusan tahta. Ia melanjutkan hidupnya seperti yang diinginkannya, berpetualangan dan berkelana.

Atas saran seorang ahli astrologi, mereka mendatangkan sebuah jimat hidup untuk membantu menyerap energi negatif dari sang raja. Disaat yang sama Jang Nok Yeong diminta kembali ke istana tetapi ia menolak. Akhirnya mereka menculik Yeon woo dan menjadikannya sebagai jimat hidup bagi raja. Yeon woo dibawa ke Celestial Hall, tempat dimana paranormal istana berkantor. Ia dimandikan dan diberi pakaian paranormal lalu dibawa ke kamar tidur raja.

Disinilah awal dari segalanya, ketika keduanya merasakan getaran-getaran aneh dan saling keterkaitan di masa lalu membuat keduanya sulit terpisahkan. Intrik-intrik politik pun mewarnai kehidupan mereka bahkan Yeon woo nyaris kehilangan nyawanya. Bagaimana akhir kisah Sang Mentari dan Bulan?? Kalian boleh baca kisah lengkapnya di Blog-nya Tirza : Recap Drama dan Film Korea

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar