Kamis, 17 Mei 2012

Kenali Kulit Kita

Kulit merupakan organ tubuh yang sangat penting, terletak di bagian luar dan menutup hampir seluruh permukaan tubuh. Selain berfungsi sebagai penutup tubuh, kulit juga memiliki fungsi diantaranya:
1. Pelindung tubuh 
2. Alat ekskresi/ pengeluaran
3. Alat indera
4. Pengendali suhu tubuh
5. Mengurangi hilangnya air
6. Penyimpanan cadangan makanan

Kulit sebagai pelindung tubuh dan mencegah hilangnya air

Kulit sebagai pelindung tubuh seperti halnya dinding/ tembok pada sebuah rumah yang melindungi isi rumah dari pengaruh faktor luar yang mungkin membahayakan penghuni/isi rumah. Kulit menutupi seluruh permukaan tubuh dan melindungi organ-organ tubuh dari faktor luar seperti cuaca, mikroorganisme maupun zat-zat kimia. Marilah kita perhatikan struktur kulit di bawah ini



Epidermis

Bagian epidermis kulit tersusun dari beberapa lapis sel-sel epitel yang memiliki bentuk bervariasi. Lapisan-lapisan tersebut adalah
a. Stratum korneum atau lapisan tanduk yang tersusun dari sel-sel mati yang selalu mengelupas.
    fungsi: bersifat tahan air/ water proof sehingga melindungi sel-sel dan mencegah masuk/ keluarnya air dan 
    masuknya mikroorganisme
b. Stratum lusidum yang berwarna bening
c. Stratum granulosum yaitu lapisan sel epidermis yang mengandung pigmen melanin yang menyerap sinar 
     ultraviolet sehingga melindungi tubuh dari radiasi UV
d. Stratum germinativum ( stratum basale ) yaitu lapisan kulit yang selalu tumbuh membentuk sel-sel kulit baru

Sebagai pelindung tubuh, pada kulit terdapat jaringan ikat yang didalamnya mengandung komponen imunitas seperti leukosit, makrofag dan sel mast. Leukosit dan makrofag berperan sebagai tentara-tentara tubuh yang siap menghadapi lawan berupa mikroorganisme. Sedangkan sel mast menghasilkan zat yang disebut dengan heparin dan histamin yang berfungsi menunjang sistem imunitas pada lini terdepan.

Pada bagian dermis kulit juga terdapat rambut yang digerakkan oleh otot erectovili. Saat udara dingin, otot erectovili akan berkontraksi sehingga rambut akan berdiri sebagai respon terhadap cuaca.


Kulit sebagai alat ekskresi dan pengatur suhu tubuh

Pada lapisan di bawah epidermis, yaitu lapisan dermis terdapat sebuah struktur yang disebut kelenjar keringat atau Glandula sudorifera yang memiliki saluran menuju ke pori-pori. Bagian pangkal bergelung dan berhubungan dengan arteri sub kutaneus ( pembuluh arteri bawah kulit ) yang membawa sisa-sisa metabolisme dan air yang dikeluarkan dalam bentuk keringat. Selain mengeluarkan sisa-sisa metabolisme, pengeluaran keringat juga berperan dalam pengaturan suhu tubuh.

Saat udara panas, pembuluh darah bawah kulit cenderung akan melebar sehingga volume darah yang menuju kulit meningkat sehingga volume air yang dikeluarkan melalui kelenjar keringat akan meningkat. Saat air dikeluarkan, suhu tubuh secara otomatis akan turun.
 
Selain itu untuk menjaga kelembaban kulit, pada bagian kantung rambut ( folikel ) dilengkapi dengan kelenjar minyak atau Glandula sebasea yang mengekskresi minyak untuk menjga agar rambut dan kulit tidak kekeringan.


Kulit sebagai alat Indera

Pada kulit banyak sekali ditemukan ujung-ujung saraf sensorik yang masing-masing memiliki spesifikasi terhadap rangsan tertentu ( korpuskel ). Diantara ujung-ujung saraf tersebut adalah sebagai berikut:

1. Korpuskel meissner yang peka terhadap sentuhan halus
2. Korpuskel krause yang peka terhadap sensor dingin
3. Korpuskel ruffini yang peka terhadap sensor panas
4. Korpuskel paccini yang peka terhadap tekanan yang kuat
5. Korpuskel merkel yang peka terhadap sentuhan halus dan tekanan ringan



Kulit untuk menyimpan cadangan makanan

Bagian dermis kulit merupakan tempat dimana cadangan lemak tubuh disimpan. Hasil metabolisme karbohidrat yang tidak dipecah dalam proses katabolisme/ respirasi akan disimpan dalam bentuk lemak di bawah permukaan kulit. Jika tubuh kekurangan bahan baku respirasi maka cadangan lemak akan diubah kembali menjadi karbohidrat dan digunakan dalam proses respirasi. Proses respirasi sendiri merupakan proces pemecahan karbohidrat ( glukosa ) dengan bantuan oksigen untuk memperoleh energi.



1 komentar: