Selasa, 21 Juni 2011

Kehidupan Keluarga Hewan


Keluarga hewan mamalia tidak selalu serupa dengan keluarga manusia. Beberapa mamalia hidup dalam kelompok kecil betina beserta anak-anaknya yang dipimpin oleh seekor jantan. Mamalia lain membentuk suatu kelompok atau kawanan yang lebih besar. Berikut ini beberapa contoh kehidupan 'berkeluarga' pada beberapa mamalia.

1. Kawanan Rusa ( Axis Deer )

Rusa axis membetuk kelompok keluarga hingga 10 ekor, tetapi kelompok ini kadang bergabung dengan kelompok yang lebih besar yang terdiri dari 100 ekor atau lebih. Satu kelompok dapat dipimpin oleh seekor rusa jantan atau rusa betina.


2. Kelompok Gorila

Satu kelompok gorila dipimpin oleh seekor jantan dewasa yang disebut si punggung keperakan karena di punggungnya terdapat rambut-rambut berwarna putih. Di dalam kelompok tersebut juga mungkin terdapat satu atau lebih jantan yang lebih muda dan beberapa betina dan anaknya.


3. Kawanan Lumba-lumba ( Pacific White-side Dolphin )

Lumba-lumba adalah hewan sosial yang umumnya berenang bersama dalam kawanan yang besar. Lumba-lumba bersisi putih Pasifik berkumpul bersama dalam satu kawanan yang terdiri dari seribu ekor atau lebih, tetapi juga terlihat dalam kawanan kecil yang lebih dekat ikatannya, terdiri dari 50 ekor atau lebih. Kedekatan tersebut mungkin disebabkan mereka masih ada ikatan keluarga. Jika ada anggota kawanan yang sakit atau terluka, anggota-anggota lain sangat jarang meninggalkannya sendiri


4. Koloni Tikus Mondok

Tikus mondok telanjang adalah salah satu mamalia yang plaling aneh. Mereka hidup di bawah tanah dalam satu koloni yang terdiri dari 75 ekor yang berkerabat dekat, dipimpin oleh seekor betina dewasa. Hanya betina tersebut yang melahirkan anak. Tikus yang lain menggali liang dan mengumpulkan makanan untuk koloni tersebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar