Selasa, 21 Juni 2011

Mengenal Panda


Sekedar berbagi pengalaman, tahun lalu saya berkesempatan mengunjunngi negeri tirai bambu dan kami berkesempatan pula mengunjungi kebun binatang di tengah-tengah kota Beijing. Tujuan kami satu yaitu: da sun mo alias Giant Panda. Tetapi jauh dari yang kami harapkan bertemu dengan sosok beruang raksasa berwarna hitam-putih bersih, imut dan lucu seperti yang sering kami lihat di gambar, kami hanya bertemu dengan sosok besar hitam-putih kumel males dan tukang tidur...:(,,agak sedikit kecewa siih...tapi jelas kami sangat beruntung bisa melihat sosok hewan terkenal itu secara langsung, walaupun mereka sedang bobok manis.
The Sleeping Panda
By the way,, daripada mengenang kekecewaan itu sekarang kita berbagi ilmu saja yuuk....
Ternyata ada dua jenis Panda yang dapat ditemukan di dunia ini. Selama ini yang kita kenal hanya Panda yang hitam-putih,montok,imut dan lucu itu kan?? Benar....Panda yang satu itu disebut Giant Panda atau Ailuropoda melanoleuca. Tempat hidupnya di daerah China Tengah yaitu di daerah hutan bambu. Panda raksasa ini rakus sekali lho, bayangkan saja dalam sehari ia mampu menghabiskan waktu selama 10 sampai 12 jam untuk....MAKAN!!!!. Tujuannya supaya dapat memperoleh cukup nutrisi dari makanannya, yaitu tunas bambu. Panda memiliki tulang yang mirip ibu jari pada tiap tangannya yang bekerja seperti jari keenam dan membantunya mencengkeram makanan.

Giant Panda


Jenis yang kedua adalah Panda Merah atau Ailurus fulgens. Tempat hidupnya adalah di Asia yaitu Nepal, Myanmar dan China Barat Daya. Pada siang hari panda merah tidur di batang-batang pohon dengan ekor yang lebat menutupi kepalanya. Pada malam hari, panda merah turun dan mencari makan berupa tunas ambu, akar-akaran dan buah.

Red Panda

Para Zoolog telah lama berdebat mengenai Panda. Beberapa berpendapat bahwa panda merupakan sejenis beruang, sedangkan yang lain berpendapat kalau panda berasal dari famili yang berbeda. Apapun pendapat mereka, saya juga berkesempatan menggambar seekor Panda di kelas 'Chinesse Painting'.....dan saat melihat lukisan saya laoshi ( guru )-nya bilang: heng hao...heng hao...artinya...baguuus...baguuss.... (^_^)b

Lukisan Panda-ku ^^

2 komentar: