Sabtu, 04 Juni 2011

Cryptomycota: The New Kingdom????



Perkembangan dalam bahasan tentang klasifikasi mahluk hidup kelihatannya kembali akan mengalami perubahan besar. Setelah ditemukannya kingdom Archaea sebagai kelompok bakteri purba, klasifikasi mahluk hidup yang semula dikelompokkan menjadi 5 kingdom oleh R.H Whittaker, mengalami perkembangan menjadi 6 kingdom. Dan kemungkinan besar akan bergeser lagi menjadi 7 kingdom/ kerajaan dengan adanya penemuan spesies baru oleh ilmuwan Inggris.

Spesies baru ini menyerupai Fungi tetapi memiliki karakteristik yang berbeda dengan Fungi. Mereka menyebutnya sebagai Cryptomycota yang berarti yang tersembunyi dari kingdom Fungi. Cryptomycota memiliki bentuk yang menyerupai fungi tetapi berbeda dengan fungi yang memiliki dinding sel dari zat kitin, spesies ini hanya memiliki membran sel. Memiliki tiga fase hidup sebagai parasit pada algae, sebagai mahluk hidup madiri yang mencari makan dan fase dormansi.

Namun demikian penemuan ini masih dalah tahap penelitian lebih lanjut, baru 10% dari jenis yang diperkirakan sebagai spesies baru yang diteliti. Kita tunggu saja hasil penemuan berikutnya sesuai dengan prosedur yang berlaku akankah jenis ini menambah daftar klasifikasi mahluk hidup atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar