Rabu, 06 April 2011

Tiga Daerah Otak Kita

Otak manusia adalah massa protoplasma yang paling kompleks yang pernah dikenal di alam semesta ini. Inilah satu-satunya organ yang sangat berkembang sehingga ia dapat mempelajari dirinya sendiri. Jika dirawat oleh tubuh dan lingkungan yang menimbulkan rangsangan, otak yang berfungsi dapat tetap aktif dan reaktif selama lebih dari seratus tahun. Satuan otak disebut Neuron ( sel saraf ) berjumlah milyaran dan dilapisi oleh sebuah selaput yang disebut Meninges ( selaput otak ). Selaput otak membungkus, melindungi dan memberikan nutrisis serta keperluan oksigen melalui pembuluh darah yang masuk didalamnya.

Otak manusia memiliki 3 bagian dasar, yaitu:
  • Batang otak atau otak reptil
  • Sistem limbik atau otak mamalia
  • Neokorteks



Seorang peneliti, Dr. Paul MacLean, menyebutkan “ Otak Triune” karena terdiri dari tiga bagian, masing-masing berkembang pada waktu yang berbeda dalam sejarah evolusi kita. Masing-masing bagian juga memiliki struktur saraf tertentu yang mengatur tugas-tugas yang harus dilakukan.

  1. Batang Otak/ Otak Reptil

Yang pertama dalam perkembangan evolusi adalah batang otak atau otak reptile. Kita mempunyai unsur-unsur yang sama dengan reptilian; inilah komponen kecerdasan terrendah dari spesies manusia. Bagian otak ini bertanggung jawab atas fungsi-fungsi motoric sensorik- pengetahuan  tentang realitas fisik yang berasal dari panca indera
Disekeliling otak reptile ini terdapat sistem limbik yang sangat kompleks dan luas, atau otak mamalia. Dalam istilah evolusioner  sistem ini sangat canggih dan merupakan bagian yang juga dmiliki semua mamalia.  Sistem limbik ini terletak di bagian tengah dari otak anda.  Fungsinya bersifat emosional dan kognitif; yaitu menyimpan perasaan anda, pengalaman anda yang menyenangkan, memori anda dan kemampuan belajar anda. Selain itu sistem ini juga mengendalikan bioritme anda seperti pola tidur, lapar, haus, tekanan darah, detak jantung, gairah seksual, temperature dan kimia tubuh, metabolism dan sistem kekebalan.

  1. Sistem Limbik

Sistem limbik ini jelas merupakan bagian yang penting dalam mempertahankan kehidupan manusia.  Kenyataan bahwa bagian otak yang mengendalikan emosi anda juga mengendalikan semua fungsi tubuh anda menjelaskan mengapa emosi anda dapat secara langsung mempengaruhi kesehatan anda.. sistem limbik adalah panel control utama anda yang menggunakan informasi dari indera penglihatan, pendengaran, sensasi sensasi tubuh dan yang tidak begitu sering adalah indera peraba dan penciuman sebagai inputnya. Kemudian informasi tersebut  didistribusikan ke bagian pemikir di dalam otak anda, yaitu Neokorteks.

  1. Neokorteks

Neokorteks terbungkus di sekitar bagian atas dan sisi-sisi sistem limbik, yang membentuk 80% dari seluruh materi otak. Again otak ini merupakan tempat bersemayamnya kecerdasan anda. Inilah yang mengatur pesan-pesan yang diterima melalui penglihatan, pendengaran dan sensasi tubuh anda. Proses yang berasal dari pengaturan ini adalah penalaran, berfikir secara intelektual, pembuatan keputusan, perilaku waras, bahasa, kendali motoric sadar, dan ideasi ( penciptaan gagasan ) nonverbal.
Didalam neokortekslah semua kecerdasan yang lebih tinggi berada, yang membuat manusia unik sebagai spesies. Psikolog Dr. Howard Gardner telah mengidentifikasika berbagai kecerdasan khas atau “cara-cara mengetahui” yang dapat dikembangkan pada manusia. Diantara kecerdasan-kecerdasan ini adalh kecerdasan linguistic, matematika, visual/ spasial, kinestetik/ perasa, music, antarpribadi.

Mungkin kecerdasan tertinggi, dan bentuk terbaik dari pikiran yang kreatif, adalah intuisi. Intuisi adalah kemampuan untuk menerima atau menyadari informasi yang tidak dapat diterima kelima indera kita. Kemampuan ini sangat kuat pada anak-anak antara usia empat dan tujuh tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar