Minggu, 10 April 2011

Sinopsis: Sungkyunkwan Scandal ( Drama Korea )


Drama ini mengambil latar belakang Joseon ( Korea ) pada masa pemerintahan raja Jeongjo ( raja yang paling berpengaruh dalam sejarah Joseon ). Jalan ceritanya...hmmmm...khas Korea: cinta segi 4, pemeran utama cowoknya yang perfect jatuh cinta sama cewek yang biasa-biasa aja dst...tetapi jelas, apapun bentuk ceritanya, drama Korea memang sangat enak dinikmati. Karakter tokoh didalamnya sangat kuat dan menyatu dengan aktor/aktrisnya. sehingga cerita klasik yang disajikan sangat menghibur dan sayang buat dilewatkan


Sungkyunkwan, sebuah nama Perguruan Tinggi elite di masa Joseon. Menerapkan prinsip-prinsip dasar ajaran Konfusionisme, menciptakan generasi-generasi penerus Joseon yang diharapkan paling ideal yang berasal dari kalangan bangsawan di masa itu. Salah satunya adalah Lee Sun Joon, mahasiswa terbaik yang memiliki segala kelebihan dan kriteria sebagai siswa Sungkyunkwan. Begitu idealis sehingga tak satupun teman yang akan tahan bersamanya lebih dari satu minggu. Namun semua berubah setelah dia bertemu dengan Kim Yoon Shik ( Kim Yoon Hee ) si Daemul, Gu Yong Ha si Yeorim dan si liar Gul Oh atau Moon Jae Shin.



Mereka bertiga berasal dari golongan partai yang berbeda. Pada masa tersebut sekalipun mereka siswa sekolah, sepanjang orang tua mereka memiliki partai yang berbeda maka anak-anak merekapun di sekolah akan bergaul sesuai dengan kelompok partaiorang tuanya. Hahaha....ada-ada saja ya,,btw memang SKK didirikan untuk menyiapkan politikus2 di masa yang akan datang.

 Alhasil, diawal-awal kebersamaan mereka sering sekali terjadi perselisihan-perselisihan yang berlatarbelakang partai. Lee Sun Joon berasal dari keluarga yang berkuasa. Ayahnya, menteri Lee berasal dari partai yang sedang berkuasa/ Cheonmin. Sedangkan Moon Jae Shin Dan Kim Yoon hee berasal dari partai yang lemah/ Namin. Akan halnya Gu Yong Ha, pria yang satu ini kelihatannya hanya memperdulikan penampilan dan fashion saja. namun tak disangkal ia merupakan tokoh yang cerdas dan selalu berhasil membantu teman-temannya yang mendapat julukan Jalgeum (F4-nya jaman Joseon ..hehehe...ternyata jaman dulu pun udah terkenal geng cowok2 gituan yaa...) tepat disaat yang paling genting.

Ceritanya pasti tidak akan menarik tanpa bumbu kisah cinta kann??betull!!!!



Betul sekali. ceritanya menjadi semakin menarik ketika tiba-tiba Sun Joon, sang siswa terbaik merasakan getaran2 aneh pada Kim Yoon Shik, teman sekamarnya. Awalnya ia mengira ketertarikan itu adalah karena semangat dan kecerdasan pria mungil itu. Tetapi semakin dirasakan, ternyata perasaan itu lebih dari sekedar perasaan kagum. Awalnya dia shock mendapati dirinya ternyata seorang gay...dan keadaan menjadi semakin sulit ketika ternyata Moon Jae Shin juga memiliki perasaan yang sama pada Kim Yoon Shik. Beruntung Jae Shin segera tahu kalo Yon Shik ternyata adalah.......cewek!!  (hmmm....mirip Sam Pek - Eng Tay ya?? eits!!! jangan khawatir...never sad ending in Korean Drama...:)


Betul sekali....Kim Yoon Shik adalah seorang wanita yang menyamar sebagai pria untuk membantu keluarganya mencari nafkah. Nama aslinya Kim Yoon Hee, sedangkan nama Kim Yoon Shik diambil dari nama adik laki-lakinya. Pada jamannya ia berprofesi sebagai joki untuk anak2 keluarga bangsawan yang ingin masuk SKK tanpa bersusah-susah mengikuti UMPTN... Lee Sun Joon-lah yang berperan memasukkan Yoon Shik setelah menyaksikan kecerdasannya saat menggantikan seorang pelajar di UMPTN-nya SKK ^_^. Oya...pada masa itu di Korea adalah larangan besar jika seorang wanita ingin mendapatkan pendidikan tinggi. Jadi langkah Kim Yoon Shik ini benar-benar sangat mengandung resiko.


Ki-Ka: Moon Jae Shin, Lee Sun Joon, Kim Yoon Shik, dan Gu Yong Ha

Begitulah...petualangan-petualangan terjadi antara mereka ber-4. Bahkan mereka sampai mendapatkan 'tugas khusus' dari raja. Sampai akhirnya Sun Joon mengetahui kebenaran bahwa Yoon Shik/ Yoon Hee adalah wanita saat gadis itu terjatuh di sungai dan jatuh pingsan. Su Joon ingin melonggarkan pakaian Yoon Hee dan....taraaa....this is it....women's property.... :D
Dan cinta segitiga pun terjadi. Walaupun dari awal sudah jelas siapa pria yang ada di dalam hati Kim Yoon Shik/ Kin Yoon Hee
Berbeda dengan drama-drama berlatar belakang jaman klasik Korea, SKK terasa lebih ringan ceritanya dibandingkan dengan Dae Jang Geum, Great Queen SenDeok maupun Dong Yi. namun demikian ceritanya sangat segar dan layak ditonton....




Note:
Sampai sekarang Sunkyunkwan masih ada di korea dengan nama Sungkyunkwan University. Merupakan perguruan tinggi terbaik di Korea. Mungkin setara Universitas Gadjah Mada-nya Indonesia. SKK merupakan cikal bakal pendidikan tinggi di Korea di masa Joseon.



1 komentar: